10 kegiatan outdoor yang sering dilakukan para pecinta alam Indonesia.

Para penikmat dan pecinta alam pada umumnya identik dengan kegiatan-kegiatan ekstrim diluar ruangan yang memacu adrenalin kita.
Bahkan bisa dibilang kegiatan-kegitan itu sudah menjadi bagian hidup.
Kita akan merasa sepi dan jenuh dengan kehidupan apabila lama tak melakukannya.
Kegiatan-kegiatan outdoor yang sering dilakukan para pecinta alam Indonesia, diantaranya:
1.MOUNTAINERING

mountain
Siapa yang gak kenal mountainering! Kegiatan mendaki gunung ini adalah agenda wajib bagi setiap pecinta alam di Indonesia bahkan dunia, dimana bersama teman kita bisa melihat indahnya alam Indonesia, dan sunrise/sunset yang akan menjadikan pendakian kita kian istimewa.
2.CLIMBING

climbing
Dengan medan pegunungan yang naik turun bahkan bertebing, menjadikan ROCK CLIMBING (panjat tebing) bagian dari devisi hutan dan gunung, maka para pecinta gunung ekstime wajib memiliki kemampuan ini, maka tidak jarang para pecinta alam sering melakukan kegiatan ini dan bahkan di Indonesia sendiri sering sekali diadakan kejuaraan panjat tebing dan panjat dinding (wall climbing).
3.CAVING

caving
Kemudian susur goa (caving) menjadi kegiatan outdoor selanjutnya.
Pada dasarnya caving dilakukan untuk penelitian flora dan fauna endemik didalam kegelapan goa, namun seiring berjalannya waktu banyak para pecinta alam yang menjadikannya sebagai kegiatan rutin. Dan tak semua goa itu horizontal, bahkan ada goa yang vertical dimana kemampuan rock climbing diperlukan, dan terkadang ada juga goa memerlukan kemampuan menyelam karna jalur goa yang dibawah air.
4.RAFTING

rafting

http://www.rockerclimber.com
Arung jeram (rafting) adalah kegiatan menyusuri sungai yg deras dengan jeram-jeram ekstrime menggunakan perahu karet dan dayung.
Sudah umum jika arung jeram menjadi bagian dari pecinta alam Indonesia.
Dibawah kaki gunung akan muncul sumber air yang menjadikan sungai dengan bebatuan gunung menghasilkan jeram yg seru, sehingga para pelaku arung jeram dituntut mampu berenang dan berfikir cepat.
5.SUSUR HUTAN/LINTAS RIMBA

lintas
Hutan merupakan bagian alam Indonesia, dimana ilmu Navigasi dan ketenangan sangat diperlukan saat kita tersesat di hutan atau di gunung sekalipun. Kegiatan membelah hutan juga harus dikuasai oleh para pecinta alam dalam menjelajahi alam Indonesia. Bahkan kegiatan ini sering dilakukan sebagai test masuk tim SAR, TNI, dan kadang menjadi agenda test Djarum “my life my adventure”.
6.CAMPING

camping
Ngecamp bukan hal yg asing lagi bagi para pecinta alam, kita sering melakukan camping dikala waktu dan isi dompet tidak mendukung, atau dengan alasan tidak ingin capek.
Camping menjadi kegiatan yg istimewa disaat kita bersama orang yang special. Dibawah kaki gunung dengan dingin yang menusuk tulang, ditemani api unggun dan didalam tenda berdua dengan segelas susu hangat menikmati kerlap-kerlip lampu kota dibawah dan bintang bulan diatas. :-)
7.SUSUR PANTAI

pantai
Tak selamanya pecinta alam harus di gunung dan hutan, terkadang pantai dan laut menjadi destinasi yang perlu dinikmati.
Mengexplore pulau-pulau tanpa penghuni sangat menakjubkan.
Pada umumnya identik dengan pasir putih, dan bahkan kita bisa camping disana tentu api unggun tak bisa jauh karena bakar ikan adalah moment tersendiri, dan tentu kita bisa snorcling atau diving untuk menjelajahi dasar laut.
8.PENGHIJAUAN

penghijauan
Namanya juga pecinta alam, berarti kita adalah orang-orang yang mencintai alam Indonesia dan kita harus merasa gak tega, marah dan benci ketika melihat alam kita yang rusak karena tangan yang tak bertanggung jawab atau karna siklus alam sendiri.
Kegiatan ini bisa menjadi gabungan dari beberapa kegiatan kita sebelumnya, seperti: Penanaman 1000 pohon di gunung atau hutan yang sudah gundul, penghijauan pulau, dan penanaman mangrove untuk pencegahan abrasi oleh air laut.
9.PEMUNGUT SAMPAH

sampah
Tidak semua manusia dibumi ini peduli akan alam, orang-orang yang ngakunya pecinta alam ternyata malah merusak alam.
Coba kita lihat sepanjang jalur pendakian banyak sekali sampah-sampah terutama plastik yang menjadikan alam seperti tempat sampah. Tak hanya itu, bahkan di hutan, sungai, pulau, pantai, laut juga banyak ditemui sampah.
Menurutku kalau kalian ngaku sebagai pecinta alam, setidaknya bawalah kembali sampahmu sendiri.
10.SAVE INDONESIAN’S NATURE

coretan
Kegiatan yang terakhir ini adalah kegiatan yang sulit untuk dilakukan oleh para pengaku pecinta alam. Karna ini tentang kesadaran, pikiran dan mental.
Coba kita lihat dengan detail, selain sampah digunung juga banyak sekali coretan dan sayatan pada batu dan pohon oleh orang-orang yang tak bertanggungjawab. Apakah dengan kalian meninggalkan coretan nama kalian, kami dan para pendaki lain akan mengenali kalian, akan kagum dengan kalian?
Kalian tak lebih dari perusak alam! :-@

Masih banyak hal yang menjadi kegiatan para pencinta alam, dan masih banyak sekali destinasi yang menakjubkan disudut-sudut Indonesia.

Tinggalkan komentar